Cara Perawatan Motor Matic Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Perawatan Motor Matic

Tingginya mobilitas penduduk di berbagai kota, menjadikan motor sebagai solusi terampuh untuk bisa sampai di tempat tujuan dengan cepat dan terhindar dari kemacetan. Kalau bicara soal motor, motor matic sangat banyak digunakan dengan alasan simple dibawa kemana – mana. Namun cara perawatan motor matic juga harus diperhatikan.

Jangan sampai Anda hanya menggunakan motor matic kemana – mana namun Anda tidak memberikan perawatan secara maksimal, karena akan berdampak terhadap kerusakan mesin atau komponen lainnya. Seperti apa cara perawatan motor matic yang tepat bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini!

Cara Perawatan Motor Matic Agar Tidak Cepat Rusak

1. Panaskan mesin motor di pagi hari secara rutin

Cara memanaskan mesin motor

Cara perawatan motor matic yang pertama penting dilakukan adalah memanaskan motor setiap hari. Apalagi kalau Anda punya motor matic yang sangat jarang dipakai, memanaskan motor adalah hal yang wajib dilakukan.

Memanaskan motor dapat melumasi mesin sehingga menjadikan performa mesin jauh lebih maksimal. Untuk memanaskan motor, Anda bisa panaskan kurang lebih 5 menit sampai dengan 10 menit.

Baiknya ketika memanaskan motor, Anda memanfaatkan kick starter karena jika menggunakan starter elektrik tentu akan berpotensi untuk mengurangi baterai dari motor tersebut. Untuk motor yang jarang sekali dipakai, minimal Anda panaskan 2 hari atau maksimal 3 hari sekali.

2. Manfaatkan bahan bakar berkualitas

Disadari atau tidak, bahan bakar akan sangat berpengaruh terhadap performa motor matic Anda. Pastikan Anda menggunakan bahan bakar yang berkualitas karena bahan bakar dengan kualitas yang oke akan membantu mesin Anda untuk melakukan pembakaran secara lebih cepat dan dapat menghindarkan dari potensi kerusakan.

Jika memang banyak waktu, lebih baik Anda beli bahan bakar di pom bensin dibandingkan eceran karena dikhawatirkan bahan bakar yang dijual adalah bahan bakar oplosan. Anda harus pahami bahwa bahan bakar oplosan sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin motor matic Anda.

3. Ganti oli secara berkala

Cara perawatan motor matic yang selanjutnya perlu Anda lakukan adalah penggantian oli. Lakukan penggantian oli mesin secara teratur setiap motor sudah menempuh jarak 1000 km. Sementara untuk penggantian oli gardan atau oli transmisi bisa dilakukan maksimal ketika jarak tempuhnya sudah mencapai 5000 km.

Jika Anda takut lupa dengan acuan penggantian oli karena misalkan Anda sering memakai motor tersebut dan sulit mengingat jarak tempuh motornya, baiknya Anda lakukan perawatan rutin setiap 2 atau 3 bulan sekali. Jangan sampai lupa untuk memilih kualitas oli yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan serta spesifikasi motor matic yang Anda miliki.

4. Cek AKI secara berkala

cara perawatan motor matic - Aki motor matic

Jika AKI motor bermasalah, tentu Anda akan kehilangan power motor bahkan cahaya lampu juga akan meredup atau mati total. Yang paling menjengkelkan akibat dari AKI yang mati adalah Anda harus menghidupkan motor menggunakan kick starter yang tentunya mudah dan menguras tenaga.

Oleh sebab itu sangat dianjurkan agar baiknya Anda berhati – hati dengan AKI motor Anda. Baiknya Anda selalu cek performa AKI Anda dan lakukan penggantian secara rutin setiap 7 sampai dengan 8 bulan sekali atau maksimal 1 tahun sekali.

Dengan begitu Anda bisa menjaga AKI motor Anda tetap prima dan selalu dalam kondisi yang bagus dan layak pakai.

5. Oli shockbreaker juga harus diganti

Oli motor tidak hanya terdapat pada mesin motor saja, akan tetapi juga terdapat pada shockbreaker. Jadi, ketika Anda punya motor matic Anda juga harus selalu rajin mengganti oli shockbreakernya. Biasanya oli jenis ini seringkali terlupa bagi pengguna motor matic.

Akibatnya kondisi shock tidak bisa berfungsi secara normal setelah beberapa tahun. Mengenai kapan jadwal penggantian oli shockbreaker yang tepat pada motor matic baiknya Anda perhatikan dan ganti setiap motor telah mencapai 10.000 km.

Atau jika Anda sering pakai motor tersebut, Anda bisa ganti oli shockbreakernya kurang lebih sekitar 1 tahun sekali.

6. Check kondisi vanbelt dan roler

Memeriksa kondisi vanbelt merupakan hal yang tak boleh ditinggalkan bagi Anda yang memiliki motor matic. Vanbelt pada motor matic biasanya terbuat dari bahan karet. Dikhawatirkan jika Anda tidak selektif dalam cara perawatan motor matic, vanbeltnya sudah tak layak pakai sehingga mengakibatkan motor bermasalah atau berhenti di tengah jalan.

Tentu akan sangat merepotkan jika Anda terlibat perjalanan jauh dengan kondisi vanbelt yang bermasalah. Jadi baiknya Anda ganti vanbelt dan rolernya setelah beberapa tahun. Vanbelt dan roler merupakan sparepart motor matic yang awet.

Biasanya perlu diganti setelah 2 atau 3 tahun penggunaan. Pastikan untuk Anda selalu gunakan suku cadang original atau asli begitu pun ketika mengganti vanbelt dan rolernya agar tidak perlu berulang kali mengganti.

7. Gunakan bensin berkualitas dan jangan pernah kehabisan bahan bakar

bensin motor matic

Jika Anda perhatikan, pada bagian tangki motor matic biasanya akan muncul tulisan standar bensin yang baik digunakan. Pastikan agar Anda selalu menggunakan bensin yang sesuai dengan standar yang ada.

Jika perlu selalu tangki bensin dengan bensin Pertamax yang kualitasnya memang oke. Isi bensin juga sebelum benar – benar habis, jangan sampai kehabisan. Terlebih untuk motor matic injeksi, kehabisan bensin terlalu sering selain merepotkan dapat mengakibatkan teknologi injeksi pada mesinnya cepat rusak.

8. Lakukan servis secara berkala

Sampai saat ini ada banyak perdebatan tentang kapan waktu untuk mengecek kondisi motor dan melakukan servis. Ada orang yang menganggap kalau servis perlu dilakukan sesuai dengan jarak tempuh, ada juga yang mengatakan sesuai dengan jarak bulan.

Sebenarnya semuanya benar, tidak ada yang salah. Anda bisa berpedoman terhadap jarak tempuh. Atau jika takut lupa, Anda bisa servis motor sekitar 2 atau 3 bulan sekali. Namun akan lebih terpercaya jika Anda selalu konsultasikan kebutuhan servis dan kondisi motor Anda ke bengkel terpercaya karena dengan begitu motor Anda akan selalu dalam kondisi prima.

9. Selalu bersihkan motor secara rutin

Selain servis secara berkala dan mengecek semua komponen mesin, Anda juga harus selalu memperhatikan tampilan body motor Anda. Baiknya Anda berupaya untuk membersihkan selalu motor Anda ketika sudah terlihat kotor.

Selain dapat membuat Anda tidak risih dengan penampilan motor yang kusam atau kucel, Anda juga akan lebih merasa nyaman dan percaya diri ketika menggunakannya. Jika merasa malas untuk membersihkan sendiri, Anda bisa membersihkan atau mencuci motor di tukang cuci motor.

Banyak kok di daerah Anda yang menawarkan jasa cuci motor sehingga Anda tidak perlu lelah membersihkannya sendiri. Anda bisa cuci motor setiap 2 minggu sekali jika jarang dipakai atau satu minggu sekali jika setiap hari dipakai. Dengan begitu motor Anda akan selalu bersih dan Anda pun percaya diri dalam menggunakannya.

Itulah beberapa hal penting berkaitan dengan cara perawatan motor matic yang tepat agar tidak cepat rusak. Pastikan Anda selalu perhatikan semua komponen dan bagian motor agar penampilannya terawat dan pastinya nyaman digunakan.

3 thoughts on “Cara Perawatan Motor Matic Agar Tidak Cepat Rusak

  1. Pingback: Tips Memilih Bengkel Motor yang Tepat - CARI MOTOR

  2. Pingback: Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Mudah Tertipu - CARI MOTOR

  3. Pingback: Tips Merawat Motor Kopling yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak - CARI MOTOR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *