Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Mudah Tertipu

tips membeli motor bekas

Tak semua orang tertarik untuk membeli motor baru. Sebagian orang juga ada yang lebih memilih untuk membeli motor dengan kondisi bekas. Jika pun Anda demikian, pastikan Anda tahu tips membeli motor bekas seperti apa supaya tidak sampai tertipu.

Akan sangat merugikan tentunya jika mendapatkan motor bekas dan tertipu karenanya. Oleh sebab itu memahami dengan detail setiap bagian motor sebelum dibeli menjadi hal penting yang Anda harus perhatikan. Berikut tips menariknya yang penting Anda pahami!

Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Mudah Tertipu

1. Pahami tipe motor yang akan dibeli

motor type

Tips membeli motor bekas yang pertama perlu Anda pahami adalah menentukan tipe motor yang akan dibeli. Cara ini sangat dianjurkan untuk memudahkan Anda dalam mencari penjual motor bekas yang dapat menyediakan motor sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Jadi tentukan dari awal akankah Anda membeli motor sport, motor bebek atau motor matic. Karena tidak semua penjual motor bekas menjual berbagai jenis motor. Ada yang hanya menyediakan motor bekas matic saja, ada yang menyediakan motor sport bekas, motor bebek bekas saja atau bahkan menyediakan semua jenis motor.

2. Selektif memilih penjual

Tidak semua orang yang menjual motor melakukan transaksi jual beli secara jujur. Penjual yang tidak jujur juga masih banyak banget. Oleh sebab itu selektif dalam memilih penjual sangat dianjurkan agar Anda tidak sampai tertipu.

Agar bisa tahu mana penjual yang benar dan yang tidak, Anda bisa mencari tahu beberapa penjual motor yang sudah terbukti tidak mengecewakan ketika menjual kepada pelanggannya. Anda juga bisa mencari tahu dulu testimoninya seperti apa baik dari tetangga, kawan atau pelanggan – pelanggan yang pernah beli di tempat mereka.

3. Cari tahu informasi harga pasaran motor

tips membeli motor bekas - survei harga motor

Kalau Anda sudah menentukan tipe motor apa yang akan Anda beli, sebelum bertemu penjual motor yang Anda sudah bidik pastikan Anda cari tahu dulu harga pasaran motor bekas pada tipe atau merk tersebut berapa.

Meski terkesan sepele akan tetapi langkah ini sangat diperlukan. Pasalnya setiap tipe motor dari merk yang berbeda tentu akan dibanderol dengan harga yang berbeda. Semua tergantung kondisi motornya juga.

Sebagai contoh, jika kondisi motor bekas yang Anda dapatkan dalam kondisi masih banyak yang baru baik dari sisi mesin atau body maka umumnya akan dibanderol dengan harga yang mahal. Bahkan ada yang dibanderol tak jauh dari harga motor barunya.

Misalkan motor bekas dengan kondisi masih bagus dari bagian body dan mesinnya dibanderol dengan harga baru 21 juta rupiah. Motor dengan kondisi yang masih bagus tersebut karena sudah dipakai beberapa saat dijual dengan harga sekitar 17 – 18 juta rupiah.

Selain kondisi body dan mesin yang menjadi aspek penentu harga, kemampuan Anda untuk bernegosiasi juga cukup menentukan harga beli motor yang Anda harus bayarkan nantinya.

4. Periksa kelengkapan surat kendaraan secara teliti

Suatu kendaraan bermotor akan dianggap motor bodong atau motor hasil curian jika tidak memiliki surat – surat kendaraan secara lengkap seperti STNK atau pun BPKB. Oleh karena itu pengecekan kelengkapan surat kendaraan menjadi hal yang penting diperhatikan sebelum transaksi jual beli kendaraan bekas berlangsung.

Pada STNK atau BPKB, Anda juga bisa tahu siapa saja pemilik motor tersebut sebelumnya dan informasi tanggal pembuatan atau tahun keluaran motor dan sebagainya. Jika motor tidak memiliki surat – surat, dengan alasan apapun baiknya Anda menolak untuk membelinya.

Anda juga perlu mencari tahu riwayat servis motor yang dijual tersebut. Jika motor yang Anda beli adalah motor matic bekas, minta juga informasi tentang perawatan yang tepat seperti apa. Baca : Cara Perawatan Motor Matic Agar Tidak Cepat Rusak

5. Pengecekan nomor rangka dan mesin

Setelah kelengkapan surat kendaraan Anda pastikan ada, baiknya Anda lakukan uji kecocokan antara surat – surat kendaraan tersebut dengan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan. Hal ini penting karena akibatnya akan fatal jika ada ketidakcocokan antara nomor rangka dan mesin yang terdapat pada body kendaraan dengan yang terdapat pada suratnya.

Ketidakcocokan tersebut bisa terjadi karena penjual membuat surat kendaraan palsu atau menggunakan surat kendaraan lain untuk motor tersebut. Nantinya akan banyak masalah yang Anda alami jika mendapatkan motor dengan kondisi nomor rangka dan mesin yang tidak cocok dengan yang tertera pada surat kelengkapan kendaraan.

6. Pengecekan fisik motor

tips membeli motor bekas

Selain kondisi body motor yang harus Anda perhatikan apakah ada kelecetan atau tidak, apakah warna body motor sama dengan yang teridentifikasi pada surat kelengkapan atau tidak, masih banyak pengecekan fisik lain yang harus Anda perhatikan.

Pengecekan fisik motor yang Anda juga perlu pahami sebelum membeli motor bekas di antaranya :

Sistem kelistrikan kendaraan

Prima atau tidaknya kendaraan dan nyaman atau tidaknya Anda menggunakannya tergantung sistem kelistrikan kendaraan tersebut. Jadi baiknya Anda coba semua part pada motor yang membutuhkan komponen kelistrikan seperti lampu sein, klakson dan juga electric starter.

Selain itu periksa juga kondisi aki atau accu pada motor. Jika Anda menemukan serbuk putih pada bagian kutub batterynya maka aki tersebut sudah lemah dan butuh diganti dengan menggunakan unit yang baru.

Perpindahan gigi

Rasakan perpindahan gigi motor secara perlahan. Coba pindahkan gigi dari gigi 1 ke gigi 2 dan pastikan bahwa perpindahan gigi yang dirasakan benar – benar halus. Hal ini penting agar nantinya ketika berkendara, Anda pun merasa jauh lebih nyaman.

Jika setelah Anda coba kemudian Anda menemukan perpindahan gigi yang terasa kasar, kondisi ini menjadi suatu tanda bahwa kampas kopling pada kendaraan tersebut dalam kondisi kurang baik dan harus segera diganti.

Selain itu, pastikan juga tak ada suara mendesir pada rantai atau ketika mesin berjalan karena jika ada suara seperti itu tandanya bagian gear motor ada yang mengalami kerusakan dan harus segera diganti.

Cek sparepartnya

Motor bekas juga rawan dengan kondisi sparepart yang tidak sepenuhnya bagus. Oleh sebab itu coba cek sparepartnya seperti apa.

Jika memang Anda tidak mengerti sparepart yang bagus dan tidak itu seperti apa karena mungkin Anda kurang paham kondisi mesin, baiknya Anda mengajak orang lain yang lebih paham dengan sparepart dan kondisi motor jika akan membeli motor secara bekas. Jangan lupa juga untuk melakukan test drive agar Anda yakin dengan performa motor yang akan Anda beli.

Dengan begitu Anda tidak akan memilih motor yang salah, atau tergiur dengan rayuan penjual yang mengatakan berbagai hal baik tentang motor yang dijual padahal kondisi sebenarnya tidak demikian.

Jika Anda membeli motor bekas secara online melalui sosial media atau situs, pastikan Anda meminta video tentang motor tersebut. Jika memang diperlukan mencari situs yang menyediakan layanan test drive juga dianjurkan.

Bagi Anda yang mencari informasi tentang motor dan sedang cari motor serta informasi harganya, cek juga di carimotor.id. Dapatkan informasi menarik di situs ini!