Tips Memilih Bengkel Motor yang Tepat

Tips Memilih Bengkel Motor (moladin)

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor, setelah memiliki sebuah motor tugas Anda tidak berhenti sampai disitu saja. Memberikan perawatan secara intens sangat diperlukan. Oleh sebab itu tips memilih bengkel motor yang tepat untuk memberikan perawatan motor secara maksimal sangat Anda perlukan.

Berikut kami akan bagikan informasi menariknya untuk Anda tentang apa saja yang harus menjadi pertimbangan sebagai tips Anda agar tidak salah memilih bengkel motor. So, let’s check these out!

Tips Memilih Bengkel Motor yang Tepat

Bengkel resmi atau bengkel non resmi?

Bengkel resmi atau bengkel non resmi

Dibandingkan Anda membenahi atau merawat motor Anda menggunakan fasilitas bengkel non resmi yang belum tentu memberikan solusi terbaik sesuai dengan merk motor Anda, akan lebih dianjurkan agar Anda memilih menggunakan bengkel resmi.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memberikan perawatan berkala atau servis motor di bengkel resmi di antaranya :

  • Karena selalu menangani motor dari merk yang sama, solusi yang ditawarkan jika ada masalah dengan motor pasti akan sesuai dengan yang dibutuhkan motor Anda sesuai merknya
  • Jika ada suku cadang yang mulai usang, Anda bisa langsung menggantinya dengan sparepart yang sesuai. Sehingga Anda akan merasakan kondisi motor yang selalu seperti baru
  • Pelayanan prima diberikan

Namun memang kalau soal harga, Anda harus mengeluarkan kocek lebih besar untuk memberikan perawatan motor di bengkel resmi dibandingkan ketika harus merawat motor di bengkel non resmi. Jadi siapkan budgetnya juga ya, apalagi kalau memang Anda merasa ada suku cadang yang sudah mulai aus atau usang.

Akan tetapi jika Anda memang merasa ingin mencoba memilih bengkel non resmi karena ada satu atau beberapa alasan, beberapa aspek ini perlu jadi pertimbangan ;

Pastikan tenaga mekanik jujur, handal dan amanah

Apapun masalah yang sedang terjadi pada motor Anda, pastikan tenaga mekanik yang bekerja di bengkel tempat Anda akan melakukan servis merupakan tenaga yang handal. Biasanya tenaga mekanik yang handal tak segan menunjukkan sertifikat resmi yang membuktikan bahwa ia benar – benar ahli di bidangnya.

Akan tetapi jika tidak, Anda bisa cari tahu dulu testimoni dari orang – orang yang pernah servis motor atau melakukan perawatan motor di bengkel tersebut. Cari tahu bagaimana kinerjanya, apakah mereka puas atau tidak dan apakah tenaga tersebut dapat menjawab dan memberikan solusi atas keluhan pelanggan atau tidak.

Dengan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin Anda tidak akan salah pilih dan bisa mempertimbangkan apakah bengkel tersebut cocok jadi tempat perawatan motor Anda atau tidak. Terlebih banyak kecurangan yang sering terjadi oleh oknum mekanik yang merugikan konsumen sehingga berhati – hati dalam memilih bengkel sangat diperlukan.

Cari bengkel yang memberikan garansi

 

Tak banyak bengkel yang memberikan garansi, namun jika Anda mendapatkannya maka jangan dulu dilepas. Bengkel yang mau memberikan garansi biasanya karena mereka percaya bahwa jasa atau layanan yang mereka berikan berkualitas.

Dengan memilih bengkel yang memberikan garansi, Anda juga dapat kembali ke bengkel memanfaatkan garansi yang diberikan. Sehingga Anda bisa mendapatkan layanan perbaikan sesuai dengan garansi yang sudah disepakati tanpa perlu membayar biaya tambahan lagi.

Namun jika Anda mendapatkan bengkel yang tidak memberikan garansi apapun, sebaiknya Anda berhati – hati. Karena dikhawatirkan bengkel tidak akan bertanggung jawab jika terjadi masalah dan meminta biaya lagi untuk melakukan perbaikan motor ulang.

Biasanya bengkel memberikan garansi sekitar 1 minggu sampai 2 minggu. Jadi jika ada kerusakan dalam kurun waktu yang telah ditentukan, Anda tetap bisa mendapatkan layanan perbaikan sesuai dengan kesepakatan.

Cek suku cadang yang digunakan

bengkel bergaransi (inews)

Jika harus ada komponen motor yang diganti, Anda bisa meminta kepada pihak bengkel untuk menunjukkan terlebih dahulu komponen motor yang akan diganti tersebut. Jika bengkel memang menggunakan suku cadang after market, pastikan bahwa mekaniknya menawarkan terlebih dahulu apakah mau menggunakannya atau tidak.

Anda perlu tahu satu hal bahwa ketika motor Anda menggunakan suku cadang asli, hal tersebut dapat memperpanjang usia pakai pada berbagai komponen kendaraan Anda. Harganya memang mungkin jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan suku cadang aftermarket.

Akan tetapi tentu dengan memanfaatkan suku cadang asli hasilnya akan lebih awet dan lebih tahan lama. Suku cadang asli yang Anda pilih juga dapat menghemat pengeluaran Anda untuk perawatan motor.

Apapun jenis motor Anda perawatan perlu dilakukan. Untuk Anda yang memiliki motor berjenis matic dan ingin tahu perawatannya seperti apa, baca : Cara Perawatan Motor Matic Agar Tidak Cepat Rusak

Cari tahu harga yang dibanderol

Masing – masing bengkel tentu saja memiliki banderol harga sparepart dan harga biaya servis yang berbeda. Oleh karena itu mencari tahu dulu harga jasa servis dan harga sparepart menjadi hal yang sangat penting untuk Anda.

Disamping Anda bisa menyiapkan budget agar tidak ada kekurangan dana ketika sudah waktunya servis, Anda juga bisa membandingkan antara harga pada bengkel tersebut dengan yang lainnya. Misalkan Anda menemukan bahwa di bengkel ini ada selisih harga padahal kualitas dan layanannya masih sama dengan bengkel lain yang lebih murah, Anda bisa coba menggunakan jasa bengkel lain yang lebih murah.

Namun tetap ingat, pastikan Anda memperhatikan kualitas juga dalam penentuan kecocokan harga karena tentu ada harga ada rupa.

Pilih bengkel motor yang memiliki jadwal operasional jelas

Agar Anda bisa tahu kapan waktu yang perlu Anda luangkan untuk membenahi motor pada bengkel yang bersangkutan, dianjurkan agar Anda memilih bengkel yang memberikan informasi jadwal operasional secara jelas.

Biasanya bengkel motor ada yang sudah memberikan informasi di hari apa saja buka dan jam berapa saja operasionalnya. Bengkel yang seperti ini tentu akan membuat Anda bisa memikirkan waktu yang sesuai dengan waktu luang Anda untuk membenahi motor di sana.

Jangan lupa juga pertimbangkan jarak tempuhnya dari rumah Anda. Jika memang ada bengkel berkualitas di dekat lokasi rumah Anda, daripada jauh – jauh karena akan memakan waktu selama perjalanan maka Anda bisa memilih bengkel terdekat tersebut.

Pilih Bengkel yang Memiliki Fasilitas Menunggu

Ruang tunggu bengkel (auto2000)

Tak semuanya, namun sebagian bengkel sudah ada yang memiliki fasilitas menunggu. Ada yang menyediakan tempat duduk saja, ada yang menyediakan tempat duduk sekaligus TV dan ruangan ber-AC.

Bahkan ada juga bengkel yang sekaligus memiliki kantin atau warung kecil sehingga orang yang mengantri jadwal servis bisa bersantai di warung atau kantin yang disediakan. Dengan memilih bengkel yang dilengkapi fasilitas tunggu tentu Anda juga bisa lebih nyaman selama mengantri atau menunggu jadwal servis untuk motor Anda.

Itulah beberapa hal penting yang Anda perlu tahu dan pahami mengenai tips memilih bengkel motor yang tepat. Pastikan jangan sampai salah pilih!