Tips Merawat Motor Kopling yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Tips Merawat Motor Kopling

Apapun jenis motor Anda, perawatan perlu Anda lakukan untuk menjaga agar motor tetap awet dan tidak mengalami kerusakan. Jika Anda pemilik motor kopling, di sini kami akan bagikan tips merawat motor kopling yang tepat agar tidak mengalami kerusakan.

Dengan perawatan yang tepat, motor bisa bertahan lama dan pastinya Anda akan lebih nyaman untuk mengendarainya sehari – hari. Berikut tips selengkapnya yang Anda perlu tahu tentang perawatan motor kopling!

Tips Merawat Motor Kopling yang Tepat

Ganti oli motor kopling secara teratur

Ganti oli motor kopling secara teratur

Apapun jenis motor Anda, penggantian oli menjadi service rutin yang harus dipikirkan. Pada kendaran bermotor, oli berfungsi sebagai pelumas. Oli dapat membantu dalam melumasi berbagai macam komponen dan partikel yang ada pada mesin motor Anda.

Dengan oli yang berkualitas, komponen pada setiap mesin akan dibuat lebih enteng sehingga kinerja mesin motor dapat jauh lebih maksimal. Pada mesin motor kopling, penggantian oli dianjurkan dilakukan setiap 2.000 km pemakaian.

Lantas bagaimana prosedur penggantian oli pada motor matic? Bagi Anda yang ingin tahu cara merawat motor matic agar awet termasuk tentang penggantian olinya, baca : Cara Perawatan Motor Matic Agar Tidak Cepat Rusak

Cek kampas kopling secara rutin

Melakukan pengecekan kampas kopling juga tak kalah penting diperhatikan. Ketika kampas kopling motor mulai menipis atau aus maka akan banyak masalah yang akan timbul setelahnya. Utamanya jika Anda ingin naik turunkan posisi gigi.

Oleh sebab itu jangan sampai kampas kopling pada motor Anda menipis. Cek selalu kondisi kampasnya ketika Anda melakukan servis penggantian oli. Jadi cara mengeceknya, sebelum oli baru dimasukkan, buka bagian kampas koplingnya juga untuk mengecek apakah kampas sudah tipis atau masih bisa digunakan.

Bersihkan kabel kopling secara rutin

Bersihkan kabel kopling secara rutin

Kabel kopling merupakan bagian yang penting dalam kaitannya dengan dunia perkoplingan akan tetapi sangat jarang diperhatikan. Kebanyakan orang lebih memilih mengganti kabel kopling yang lama dengan yang baru ketika sudah aus.

Padahal sebenarnya kabel kopling tidak harus melulu ganti baru. Bagian ini masih bisa dibersihkan sehingga tak harus selalu ganti. Cara membersihkan kabel kopling pun cukup mudah untuk dilakukan.

Cara yang tepat untuk membersihkan kabel kopling yaitu Anda masukkan cairan pembersih atau campuran oli dan bensin. Selain hal tersebut dapat membantu secara langsung membuang kotoran yang menjadikan tarikan kabel kopling terasa berat, memasukkan campuran oli dan bensin pada bagian tersebut juga dapat membantu kabel terasa ringan karena terkena pelumas oli.

Setelah kabel kopling bersih, tentu Anda bisa menggunakannya kembali tanpa harus membeli kabel kopling baru lagi. Dengan begitu Anda pun bisa lebih hemat ketika servis bagian perkoplingan pada motor kopling.

Jangan malas ganti gigi ketika berkendara

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat motor kopling Anda selalu dalam kondisi awet dan tetap nyaman ketika digunakan. Selain perawatan, cara pemakaian kendaraan pun sangat menentukan hal ini.
Pemakaian motor yang kurang baik dapat berakibat terhadap kondisi motor yang nantinya bisa dengan mudah dan cepat mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, memakai motor kopling dengan cara yang tepat juga menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk merawat motor Anda.

Ada banyak perilaku buruk ketika seseorang menggunakan motor kopling. Salah satunya adalah malas mengganti gigi transmisi pada motor kopling baik itu ketika motor digunakan di tanjakan atau jalan menurun.

Nah, perilaku ini tidak boleh Anda simpan terlalu lama. Hal tersebut dapat berakibat fatal pada motor Anda. Sebagai contoh, ketika Anda berada di lampu merah, banyak orang yang malas menurunkan gigi transmisi pada motor kopling.

Padahal jika motor berhenti namun Anda tidak menurunkan gigi transmisinya, maka kemungkinan besar ketika motor akan melaju membutuhkan putaran mesin tinggi dari gigi yang tidak Anda turunkan tersebut. Jika hal ini terjadi secara terus menerus tentu dampaknya bagi kampas motor kopling Anda menjadikan bagian tersebut jauh lebih mudah aus.

Jika Anda baru memiliki motor kopling atau motor kopling ini adalah motor pertama Anda, ada beberapa tips yang Anda perlu perhatikan agar kampasnya tidak cepat aus ketika Anda berkendara utamanya di jalan turunan dan tanjakan. Informasinya baca : Tips Motor Kopling di Tanjakan dan Turunan

Perhatikan kualitas bahan bakar

Perhatikan kualitas bahan bakar

Menggunakan bahan bakar yang tepat dan sesuai pada motor kopling tentu akan membuat kondisi mesin Anda tetap dalam kondisi awet dan bisa bertahan lama. Hal ini perlu dilakukan karena secara umum terdapat beberapa tipe dan jenis motor yang harus menggunakan bahan bakar khusus.

Untuk Anda yang saat ini memiliki motor kopling, Anda juga harus tahu bahwa jenis bahan bakar yang paling direkomendasikan untuk motor Anda adalah tipe Pertamax Plus. Oleh sebab itu jangan asal pilih bahan bakar.

Pastikan memilih bahan bakar dengan oktan yang sesuai kebutuhan motor Anda. Terlebih kalau biasanya menggunakan bahan bakar tingkat atas, jangan menurunkan standar karena alasan apapun. Jika memang Anda ingin performa motor Anda selalu maksimal sampai kapan pun, pastikan agar jangan gonta – ganti bahan bakar. Gunakan selalu bahan bakar Pertamax Plus pada motor Anda.

Perhatikan jarak free play pada handle kopling

Pada bagian handle kopling motor Anda pastikan untuk Anda memperhatikan jarak main bebas atau free playnya. Upayakan agar jarak main bebas ini tetap utuh. Kisaran jarak yang diperlukan adalah antara 10 – 20 mm pada kondisi stang kemudi lurus atau pada saat berbelok.

Untuk bisa mendapatkan ukuran yang tepat dan pas, sangat dianjurkan agar Anda membawa motor kopling ke bengkel untuk dibantu melakukan penyetelan dan juga penyesuaian. Dengan menggunakan setelan jarak free play secara tepat bisa dipastikan kampas kopling Anda tidak cepat aus dan penggunaan berbagai komponen motor juga bisa lebih lama.

Selain merawat mesinnya agar kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima, hal yang juga penting untuk Anda perhatikan adalah cara Anda membersihkan motor Anda. Pastikan agar Anda membersihkan motor secara rutin sesuai dengan kapasitas Anda menggunakannya.

Untuk motor yang digunakan sebagai motor sehari – hari, membersihkan motor sekali dalam satu minggu atau dua kali dalam satu bulan sudah cukup. Sementara untuk motor yang jarang digunakan dapat dibersihkan setidaknya dua minggu sekali atau satu bulan sekali tak masalah karena pasti jarang kotor karena jarang digunakan.

Itulah sedikit informasi untuk Anda tentang tips merawat motor kopling yang tepat untuk dilakukan agar motor Anda selalu prima dan tidak mudah rusak. Pastikan juga Anda memilih bengkel yang tepat dan jika perlu Anda bisa memberikan perawatan motor pada bengkel resminya.