Tutorial Pasang Alarm Motor 100% Akurat

Tutorial Pasang Alarm Motor

Sebagai komponen after market, alarm motor banyak dijual di berbagai toko perlengkapan dan peralatan tambahan motor baik secara offline atau pun online. Alarm motor memiliki fungsi cukup penting, tutorial pasang alarm motor seperti apa akan kami ulas pada kesempatan kali ini.

Melalui tutorial ini Anda yang membutuhkan alarm sebagai perangkat tambahan untuk menghasilkan petunjuk jika ada hal yang mencurigakan terhadap motor kita bisa memasangnya sendiri dengan mudah. Berikut informasi selengkapnya yang penting Anda simak!

Tutorial Pasang Alarm Motor Terakurat

Tutorial Pasang Alarm Motor (ujikokoh)

Alarm motor hadir dalam berbagai bentuk mulai dari remote, saklar yang tersembunyi bahkan sampai dengan alarm motor berupa tombol kombinasi kode. Alarm motor fungsi utamanya mencegah terjadinya tindakan pencurian dengan pemberian kode akibat adanya arus informasi yang dialirkan melalui kabel starter atau pengapian.

Alarm yang sudah dalam kondisi aktif atau diaktivasi oleh pengguna, kemudian melewati sensor maka alarm akan bekerja memberikan kode atau apapun untuk memberikan tanda bahwa ada sesuatu yang berbahaya terjadi pada motornya.

Merk alarm motor banyak ragamnya dan bisa digunakan pada berbagai jenis motor mulai dari motor NMAX Honda, PCX, Scoopy dan sebagainya.

Ingin beli motor PCX 160 terbaru? Baca reviewnya : Review Spesifikasi All New Honda PCX 160

Sebelum memulai tutorial pasang alarm motor ini, Anda perlu siapkan beberapa bahan di antaranya :

  • Kabel
  • Soket relay
  • Relay 4 kaki
  • Saklar

Siapkan juga peralatan yang dibutuhkan di antaranya :

  • Gunting
  • Tang
  • Solder
  • Timah
  • Lakban
  • Isolasi kabel

Jika Anda tidak punya salah satu peralatan di atas dan malas membeli karena mungkin hanya digunakan satu kali saja, Anda bisa meminjam punya tetangga Anda. Jika sudah semua bahan dan peralatan disiapkan, sekarang ikuti tutorial pasang alarm motor dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  • Pertama – tama pilih area yang sesuai untuk memasang bagian saklar alarm. Pastikan Anda memilih bagian yang sulit dijangkau orang lain namun mudah Anda jangkau.
  • Kabel negatif CDI motor harus Anda potong dengan memanfaatkan tang khusus.
  • Bagian kabel negatif yang telah dipotong akan dihubung – hubungkan dengan saklar alarm berkaki 3.
  • Mengenai pengaturan masing – masing bagaimana Anda harus upayakan agar bagian kakinya dalam posisi benar.
  • Kabel yang sudah tersambung CDI menuju pada bagian saklar perlu Anda pasang di kaki nomor 1 pinggirannya.
  • Kemudian kabel potongan CDI menuju bagian body perlu Anda pasangkan pada kaki nomor 2 di bagian tengah sementara pemasangan kabel untuk klakson pada kaki nomor 3 di bagian pinggir yang Anda bisa kerjakan selanjutnya.
  • Setelah itu lakukan pemasangan relaynya. Bagian relay ini perlu dipasangkan pada soket. Kabel dari saklar alarm yang telah Anda persiapkan kemudian harus dipasangkan pada kaki nomor 86.
  • Selanjutnya hubungkan dengan kabel negatif klakson yang memiliki warna hijau.
  • Pada bagian kaki nomor 30 dan kaki nomor 85, hubungkan menjadi satu bagian kemudian hubungkan menuju kabel positif klakson dengan warna orange. Kabel merah pada soket yang memiliki warna hijau dengan kaki nomor 87 bisa Anda pasangkan menuju aki.
  • Jika semuanya sudah beres, kabel tinggal perlu Anda rapikan. Alarm pun terpasang dengan baik dan nantinya motor menjadi aman dari incaran pencuri.
  • Jika sudah, coba tes apakah sudah bisa diaktifkan dan bisa digunakan atau tidak.
  • Jika sudah bisa digunakan artinya langkah pemasangan Anda tidak ada yang salah dan berhasil.
  • Selamat mencoba!

Mengenai merknya sendiri, banyak merk alarm motor yang sudah bertebaran, beberapa merk yang paling banyak digunakan di antaranya :

1. Alarm CR7 Bohante

CR7 Bohante

CR7 Bohante merupakan merk alarm yang paling banyak dipilih karena selain murah, pada paket penjualannya telah disediakan remote yang dapat digunakan untuk menghidupkan sekaligus mematikan alarm.

Fitur CR7 Bohante pun sudah cukup lengkap sementara Anda hanya butuh dana 100 – 150 ribu rupiah saja untuk mendapatkannya. CR7 Bohante juga menjadi salah satu merk alarm yang mendukung fitur search mode yang memungkinkan pengguna untuk mencari motornya di parkiran.

2. Alarm Vynix

Vinyx

Alarm Vynix bisa Anda dapatkan dengan harga 250an ribu rupiah. Merk alarm yang satu ini telah dilengkapi dengan remote yang dapat terhubung ke motor sampai jarak 50 atau 100 meter. Kemudian mengenai cara pemasangannya sendiri sangat mudah.

Alarm Vynix dibuat dengan plug and play yang bisa dipasang dengan mudah. Alarm ini juga telah didukung dengan fitur anti power cut. Fitur ini memungkinkan alarm untuk bisa tetap hidup dalam kondisi aki dicabut karena memiliki baterai backup yang sudah ditanamkan di dalamnya.

3. Alarm i-Max Digital Smart Key

i-Max Digital Smart Key

Alarm i-Max Digital Smart Key tidak menggunakan remote seperti kebanyakan alarm motor lain melainkan menggunakan chip immobilizer yang dapat menjadikan sistem keamanan i-Max Digital Smart Key semakin canggih.

Anda akan menemukan dukungan teknologi berbasis RF-ID (Radio Frequency – Inditification) yang dipadukan dengan 2 buah chip smart key dan dapat dioptimalisasikan dengan algoritma secara khusus. Dukungan RF-ID ini dapat menjadikan motor tidak akan bisa hidup jika dicuri.

Pemasangan alarm i-Max Digital Smart Key pun sangat mudah. Terdapat plug and play yang dapat dipasang pada berbagai jenis motor baik motor injeksi atau bahkan motor karburator. Sehingga apapun jenis motor Anda bisa menggunakan i-Max Digital Smart Key.

Untuk mendapatkan i-Max Digital Smart Key, Anda hanya butuh mengeluarkan dana sekitar 350 ribu rupiah.

Lantas yang menjadi pertanyaan kemudian adalah perlu atau tidak sebenarnya motor dipasangi dengan alarm? Jawabannya tergantung model kunci pada motor Anda.

Jika Anda memiliki motor Honda terbaru yang sudah dilengkapi dengan kunci bermagnet yang bisa dibuka tutup ketika difungsikan atau tidak difungsikan, tentu alarm motor tidak terlalu diperlukan karena kunci motor Honda sudah bisa dipastikan aman.

Sebagai contoh Honda Scoopy atau Beat terbaru yang sudah dilengkapi pengaman kunci magnet. Mungkin Anda tertarik memiliki motor Honda dengan pengaman kunci magnet? Baca : Review Spesifikasi Honda Scoopy All New Varian

Baca juga : Review Spesifikasi All New Beat, Cek Di Sini!

Anda bisa tenang meninggalkan motor Anda dimana pun tanpa perlu takut akan ada pencongkelan atau semacamnya karena sudah dibekali kunci bermagnet yang aman. Namun jika Anda tetap ingin ada pengaman tambahan, penggunaan alarm boleh – boleh saja Anda berikan.

Khusus untuk motor keluaran lama yang belum dilengkapi dengan kunci bermagnet tentu saja alarm kemudian menjadi penting untuk mencegah potensi pencurian yang lebih besar.

Jadi penggunaan alarm pada motor bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semoga informasi di atas tentang tutorial pasang alarm motor yang akurat seperti apa bisa menjadi alat bantu khususnya bagi Anda yang ingin memasang alarm motor sendiri di rumah. Selamat mencoba!